Jumat, 23 Oktober 2015

Tanpa Judul :")

Hampir empat tahun beliau meninggal, dan beberapa bulan yang lalu gue menemukan sesuatu yang membuat gue speechless. Semua dimulai dari kebencian gue sama beliau, he's not my father actually tapi dia berlaku sebagai sosok ayah buat gue. Dari mulai nemenin waktu belajar gue pas sd, sampe akhirnya ibu memutuskan buat masukin gue ke bimbel dan ambil les privat, perilaku beliau gak berubah, selalu mantau akademik gue dan berakhir pas masa gue masuk smp. Tapi lebih suram dari itu, beliau overprotective, ngelarang gue main, ngelarang gue pergi, tiap gue balik les malem, beliau duduk di kursi depan nungguin gue baru dia masuk kekamarnya buat istirahat, tipe seorang ayah banget kan? yang ngejagain anak perempuannya, gamau sampe gue kenapa-kenapa.

Beliau bukan orang yang banyak ngomong, tapi galaknya minta ampun, sekali dia bilang engga yah engga, tetangga gue semua tau gimana beliau, gue sering nangis karena dimarahin. Suatu hari, gue telponan sama pacar gue dan nangis kejer, beliau denger dan gedor gedor kamar gue, gue diem ga bukain pintu, gue takut ditanya tanya. Sering banget beliau manggil gue diwaktu senggang nya buat cerita masa masa dia jaman dulu. Beliau gak pernah sekalipun, ngungkit soal bapak, cerita soal bapak sama ibu, sampe beliau tutup usia, gak pernah ada satupun cerita itu keluar. Beliau yang selalu nyuruh gue pake topi setiap kali keluar rumah, yang selalu berbagi jajanan sama gue (kalo gue jajan ciki, ciki gue diminta), yang selalu minta bikinin mi goreng ke gue, yang selalu jajan ketoprak kalo siang, lontong sayur kalo pagi, yang selalu bayar tagihan listrik, telpon sama air, yang selalu siap siaga nelpon PLN kalo ada pemadaman bergilir, nanya kapan listriknya nyala, yang selalu pergi jumatan tiap jam 11 siang (bikin gue selalu nyuruh orang orang yg gue kenal jumatan jam segitu juga, tapi skrg udah engga).

Setiap mau sholat beliau selalu mandi, selalu bangun jam 4 pagi buat subuhan ke mesjid, selalu duduk di shaf paling depan, selalu ngaji abis maghrib sampe isya dia baru keluar kamar nonton berita. Setiap bulan puasa beliau selalu buka puasa dirumah, abis sholat maghrib beliau langsung ke mesjid nunggu isya sampe selsai tarawih. Ayah idaman bukan? Gue adalah orang yang paling gak ikhlas waktu beliau dipanggil. Rasanya sosok ayah itu ilang sama sekali dari hidup gue. Gue yang minta supaya tahlilan 7 hari berturut-turut dan nyediain makanan prasmanan di hari ketujuh buat semua yg tahlil. Gue yang selama 7 hari itupun selalu nangis tiap yasinan, tiap ayat bener-bener gue resapin, mata bengkak banget, perih, rasanya kaya ada yg hilang. Mungkin, kalo ini terjadi sama bapak gue gak akan merasa terlalu kehilangan, entahlah.

Lama setelah beliau gak ada, salah satu om gue bilang kalo gue adalah cucu kesayangan beliau, yang paling dia jaga, yang gapernah mau dia tinggalin. Rumah gue termasuk daerah rawan banjir, jadi sering kita buat ngungsi, beliau gapernah mau nginep atau lama lama dirumah anaknya yang lain, alasannya ternyata cuma karena gue, beliau takut gue gak ada yang jaga. Saat terakhir hidupnya, beliau manggil gue, beliau pamit sama gue, beliau pamit mau pulang sambil ngeliatin gue, nerawang jauh ngeliat ke langit-langit, iya, beliau mau nangis tapi mungkin beliau tau kalo beliau gak mungkin bisa lebih lama sama gue. Hari itu pulang sekolah, gue anter beliau ke rumah sakit, masuk UGD, beliau sadar tapi udah gabisa ngomong,dan gue sadar untuk pertama kalinya gue komunikasi batin dengan seseorang. Beliau minta gue untuk gak ninggalin beliau, posisinya gue ngeliat seseorang yang gue gak kenal dikiri beliau. Sore abis ashar beliau masuk ruang perawatan, Minggu, 18 Desember 2011, beliau berpulang. Gue anter ke peristirahatan terakhirnya, sampe saat ini gue masih inget jelas wajahnya, tidur untuk selamanya.

Dear eyang, aku gak akan pernah lupa apa yang udah eyang perjuangin demi aku, demi ngejaga aku yang selalu ngelawan karena ngerasa eyang terlalu jahat, aku yang selalu marah sama eyang kalo eyang nasehatin, eyang aku kangen, aku baru paham semuanya setelah eyang gak ada. Orang-orang yang eyang jauhin, mereka memang gak baik. Maaf karena aku pernah merasa malu, maaf karena aku pernah membencimu, maaf untuk semua perasaan buruk ini eyang. I miss you so bad, aku kangen saat eyang cerita, aku kangen liat eyang makan, nyuapin eyang, ngebersihin badan eyang, aku kangen semua perhatian eyang. Maafin lala eyang, lala selalu nangis setiap inget eyang. Terimakasih banyak eyang, udah selalu ada dan selalu sayang sama lala selama 17 tahun lala hidup. Terimakasih eyang, karena udah jagain lala dari segala hal hal buruk. I love you, i miss you, i need you now and forever eyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar