Senin, 09 November 2015

Bapak Tanpa Nama

Kemarin gue harus nyari komponen ke senen, gue bukan orang yg seneng sendirian dikendaraan umum gitu dan juga bukan orang yg suka ngajakin orang lain disebelah gue ngobrol. Kalaupun gue harus sendirian naik kendaraan umum, sebisa mungkin gue masang muka jutek gitu biar gak digangguin. Gue selalu seneng duduk dideket jendela. Pas bis yang gue naikin sampe di harmoni, ada bapak-bapak nyentrik naik. Penampilannya masih gagah, tapi ya emang udah gak muda lagi. Dia naik dan ternyata dia milih duduk disebelah gue. Berawal dari nanya ongkos dari harmoni ke senen berapa (yang gue gatau) sampe akhirnya gue dikasih pelajaran hidup sama dia.
" Non naik ini dari tangerang?"
" Iya pak " tanpa nengok sama sekali dan masih ngeliatin jalanan.
" Ke senen mau apa non? beli grosiran buat dijual lagi ya? biasanya kan ibu ibu gitu"
sial nih bapak gue dikira ibu ibu.
" Enggak pak, saya mau cari barang buat proyek saya"
" Non kuliah apa udah kerja?"
" Saya masih kuliah pak " sambil senyum senyum tetep ngeliatin jalanan.
" Kuliah di jakarta non? tiap hari ngerasain macet dong ya tangerang jakarta"
" Saya kuliah di semarang pak, kebetulan udah semester akhir jadi bisa pulang"
" Wah, apalagi kaya gitu non. saya seneng liatnya. berani jauh dari orangtua, saya ini asli surabaya non, kelas 4 sd ibu saya meninggal, saya enam bersaudara dan laki laki semua. tamat sd ayah saya meninggal, saya anak kedua jd saya harus bantu urus adik saya yang lain. saya pikir saya gak boleh diem aja di surabaya, saya ikut tante saya ke sumatra, ngelanjutin smp, sma saya di aceh, terus saya kuliah di usu, tamat kuliah saya nekat ke jakarta, cari kerja disini, saya kerja di (dia nyebutin sesuatu yg gue lupa) sekarang udah jadi bank mandiri. sampe akhirnya saya ketemu istri saya, kita nikah punya anak 2 dan sekarang anak anak saya sudah berkeluarga semua. saya gak pernah pulang ke surabaya non, sekalinya pulang itu untuk jenguk adik saya yg keempat, saudara saya yang lainnya sudah meninggal non. saya gak mau menggurui, tapi mungkin saya bisa berbagi sama non. saya itu percaya hidup mati rezeki jodoh dan lainnya itu sudah ada catatannya sama yang maha kuasa. saya sebagai manusia cuma bisa berusaha, tapi generasi sekarang ini banyak yang sombong non, seakan dunia itu mereka yg ciptain, padahal mereka itu penerus kalo orang seperti saya mati. intinya non, apapun itu kita cuma bisa berusaha dan ikhlas, karena pasti akan ada jalannya. "
Gue diem, mikir, anjir ini bapak kaya tau aja apa yang lagi gue alamin, gue yg hopeless, yang hampir aja nyerah, terus gue cuma bisa senyum doang sambil nanya.
" pak, bapak ke senen ada perlu atau emang rumahnya di senen? "
" oh, enggak non saya mau beli kacamata buat baca, td saya abis nebus obat, saya dibiayain sama perusahaan non sampe saya mati uang pensiun saya masih terus ada. Non, udah pernah ke senen sebelumnya? hati hati non, daerah sini banyak orang orang yang suka nyopet."
" iya pak, saya udh pernah, udah sering bolak balik ke daerah kembang sepatu situ, yg jual komponen elektronik."
" jurusan apa non? " pertanyaan klise yang menyebalkan.
" elektro pak, instrumentasi elektro. hehehe"
" wah hebat ya, jarang ada perempuan yang mau dibidang itu, biasanya lebih pilih manajemen atau hukum. padahal kalo hukum di indonesia itu kan yang penting ada uang, korupsi dimana mana. ah banyak lah, ketilang aja pakai uang, urus ini itu harus dilicinin sama uang. "
Sebelum turun bapak itu nawarin gue buat dianterin sama dia, tp gue nolak soalnya emang buru buru udah janjian sama fierda dan mau dzuhur dulu. Terakhir sebelum bener bener turun dari bis.
" Non, saya liat non ini pekerja keras ya, mau usaha, nanti kalo punya suami maunya kerja bareng, bukan mau yg diem aja dirumah dan nungguin suami pulang bawa uang, susah seneng maunya ditanggung sama sama, dibagi berdua, dan saya yakin non ini pintar, gak akan gampang ditipu sama laki laki yang pinter ngomong manis (dia gatau gue pernah sebego itu ketipu cowo haha) menurut saya loh non, yang saya liat non ini emang mau berusaha, jadi jangan nyerah ditempat non, selalu ada yg ngasih jalan kalo mau usaha. (yaaaasss pas lagi kaya kena gampar siang siang)"
" bapak bener kok, karena saya pikir umur manusia itu gak ada yang tau, kalo saya menikah dan suami saya meninggal duluan, saya harus bisa nafkahin keluarga saya dengan cara saya kerja keras cari penghasilan. "
" Nah itu non, saya makin salut sama non, hati hati dijalan ya non, waspada terus dan sholawatan juga dalem hati biar selalu dilindungin."
Astaghfirullah, semoga dipuji begitu gak bikin gue sombong, percayalah pak saya gak sebagus yg bapak pikir. Gue bersyukur, gue dipertemukan dengan bapak tanpa nama yang usianya 62 tahun dan terlihat masih gagah itu. Pelajaran singkat yang ngebuat gue makin semangat, gue yakin ada jalan, gue yakin ada hal baik dibalik semua hal buruk yang gue lewatin, gue percaya dimanapun gue berada gue selalu dijaga, gue selalu diperhatiin dan gak pernah kekurangan kasih sayang, tapi kadang gue lupa untuk bersyukur atas semuanya.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar